Vektor dan Opersi Vektor

s3sederajat.com - Vektor adalah besaran fisika yang mempunyai besar dan arah. Besaran fisika yang mempunyai besar tanpa mempunyai arah disebut Besaran scalar.

Sebagai contoh besaran vector adalah kecepatan,percepatan, Gaya,momentum dan lain-lain.sedangkan suhu,massa,volume dan energy Termasuk besaran skalar.

Vektor dapat di tuliskan dengan huruf yang di atasnya diberi Anak panah, misalnya F dan besar vektor di tuliskan |𝐹⃑| atau F saja.

Untuk melukiskan sebuah vector biasanya digambarkan dalam bentuk anak panah dan besar vektor dinyatakan dengan panjang aAnak panah (lihat gambar 1.)

Vektor dan Opersi Vektor

A. Penjumlahan Vektor

Jumlah atau resultan dari beberapa vektor yang terletak dalam Satu garis lurus adalah jumlah aljabar dari vektor-vektor itu. Bila ada 4 buah vector masing-masing 𝐹⃑1,𝐹⃑2,𝐹⃑3 dan 𝐹⃑4 berturutturur 2,5,-3 Dan 7 satuan maka resultan dari ke empat vektor tersebut adalah R Yaitu : 


Jumlah atau resultan dari dua vektor yang membentuk sudut Q, (lihat Gambar 3) dapat di tentukan dengan menggunakan persamaan cosinus Yaitu :


B. Perkalian Skalar dari Dua Vektor

Perkalian scalar disebut juga perkalian titik dari dua vector F1 dan F2(lihat gambar 4 ) dapat dituliskan dalam bentuk
C. Perkalian Vektor dari Dua Vektor

Perkalian Vektor ( disebut juga perkalian silang ) dari dua Vektor F1 dan F2 (lihat gambar 5 ) dapat dituliskan dalam bentuk


Hasil perkalian Vektor merupakan sebuah Vektor yang tegak lurus terhadap Vektor 𝐹⃑1 dan 𝐹⃑2 Jika Vektor F𝐹⃑2 dikalikan silang dengan 𝐹⃑1 (gambar 6 ) hasilnya adalah :

0 Response to "Vektor dan Opersi Vektor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel