8 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

s3sederajat.com - Sebagai orang Indonesia, tentu kita sudah akrab dengan rempah yang satu ini. Manfaat jahe yang sudah dikenal sejak dahulu kala. 

Maka tak heran bila rempah ini tak hanya digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan, namun juga digunakan untuk membuat tradisional yang sehat dan menyegarkan.

Untuk dapat merasakan manfaat jahe yang sebenarnya, kamu tak perlu khawatir kesulitan menyimpannya. 

Sebab jahe dapat digunakan dalam keadaan segar, dikeringkan, dijadikan serbuk, minyak, maupun dibuat jus. Apa pun wujudnya, manfaat jahe tetap bisa kamu rasakan.

Untuk dapat mengetahui apa saja manfaat jahe untuk kesehatan, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja kandungan baik yang terdapat pada jahe. Simak di bawah ini, ya.

Apa Saja Kandungan Baik pada Jahe?

Sejak zaman dulu, manfaat jahe sudah dikenal oleh banyak kalangan karena baik untuk dikonsumsi tubuh. Tak ayal lagi, sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian bahwa jahe mengandung antioksidan, mineral, asam amino, serta kandungan minyak atsiri.

Zat-zat yang terkandung di dalam jahe seperti gingerol, shogaol, dan zingeron yang juga dapat memberikan manfaat jahe yang baik bagi tubuh. 

Nah, apa saja sih manfaat jahe tersebut? Berikut ini adalah beberapa manfaat jahe yang baik untuk kesehatan tubuh kita:

Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Rimpang jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain:

Mengatasi Rasa Mual

Saat kita sedang bepergian jauh, merasa tidak sehat, sakit maag, atau sedang mengandung, kerap kali merasakan mual. Ternyata salah satu manfaat jahe adalah mengatasi rasa mual.

Saat mengkonsumsi jahe, efek yang ditimbulkan yaitu meningkatnya pergerakan makanan ke dalam saluran cerna serta memblokir reseptor serotonin pada usus. Inilah yang membantu menenangkan saraf yang membuat kita refleks ingin muntah dan merasa mual.

Mengurangi Rasa Nyeri Menstruasi

Bagi wanita, rasa nyeri yang disebabkan karena menstruasi ini sangat mengganggu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Maka sejak zaman dulu, manfaat jahe dipercaya juga sebagai pereda nyeri menstruasi karena jahe memiliki kandungan yaitu asam mefenamat yang dapat mengurangi rasa nyeri.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Bila tidak berlebihan, sebenarnya kolesterol merupakan senyawa lemak yang diperlukan oleh tubuh. Namun bila kandungan kolesterol lemak dalam tubuh kita terlalu berlebih, itu akan berbahaya bagi kesehatan dan dapat memicu berbagai macam masalah kesehatan.

Salah satu manfaat jahe berikutnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol. Penelitian mengenai manfaat jahe yang satu ini bisa dilihat dari penelitian yang dilakukan oleh Clinical & Medical Biochemistry. 

Dalam penelitian ini, para pengidap kolesterol diberikan 5 gram bubuk jahe setiap harinya untuk dikonsumsi selama 3 bulan dan menunjukkan bahwa terdapat penurunan kadar kolesterol hingga 17,4%.

Meredakan Sakit Otot

Buat kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan maupun berolahraga, rasa nyeri otot sering kali tak terhindarkan lagi. Rasa nyeri pada otot tersebut dapat diringankan dengan mengkonsumsi jahe.

Beberapa penelitian menemukan bahwa salah satu manfaat jahe dapat berfungsi sebagai anti peradangan atau anti inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit otot yang disebabkan oleh peradangan.

Menangkal Virus dan Bakteri

Virus dan bakteri dapat menginfeksi tubuh dan mengganggu kesehatan kita. Namun risiko terinfeksi virus dan bakteri ini dapat diminimalkan dengan mengkonsumsi jahe secara rutin.

Salah satu zat yang terdapat pada jahe, yaitu gingerol, shogaol, dan paradol ini ketiganya memiliki sifat yang antivirus dan antibakteri sehingga dipercaya dapat membantu tubuh untuk menangkal virus dan bakteri.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa salah satu manfaat jahe adalah untuk menangkal virus dan bakteri. Maka itu, sistem imun tubuh pun menjadi lebih kuat dan kamu menjadi tidak mudah terkena penyakit.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Saat mengalami masalah pencernaan seperti rasa sakit perut dan rasa tidak nyaman pada perut, cara meredakannya adalah dengan membersihkan saluran pencernaan. Baik untuk melancarkan pencernaan dan berbagai permasalahan pencernaan lainnya.

Kandungan phenolic yang terdapat di dalamnya mampu meredakan gejala iritasi gastrointestinal sehingga dapat mengatasi masalah gangguan pencernaan.

Nah, itulah beberapa manfaat jahe bagi kesehatan yang baik untuk tubuh.


0 Response to "8 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel