Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan

s3sederajat.com - Dialam yang luas ini banyak makhluk hidup yang hidup berdampingan entah itu manusia, hewan dan tumbuhan, dan beginilah tumbuhan dan hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan alam sekitar.

Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan

1. Tumbuhan
Q : Mengapa tumbuhan perlu menyesuaikan diri dengan lingkungannya?
A : Agar tumbuhan dapat tetap hidup.
Contohnya:
  • Kaktus, Kaktus agar tetap hidup di padang pasir yang panas, kaktus di penuhi oleh duri-duri kecil, Duri-Duri kecil ini mencegah penguapan air, sehingga kaktus tidak mati kekeringan.
  • Teratai hidup di atas air, agar tetap hidup (tidak kelebihan air) daun teratai lebar-lebar. Daun lebar ini yang akan mempercepat penguapan air.
  • Pohon Jati, Pohon Jati hidup di hutan-hutan. Aagar tetap hidup, di musim panas pohon jati menggugurkan daun-daunnya. Tanpa daun, penguapan air dapat di kurangi sehingga pohon jati tidak mati kekeringan.
2. Hewan
Q : Mengapa hewan perlu menyesuaikan diri dengan lingkungannya?
A : Agar hewan dapat bertahan hidup.
Contohnya:
  • Beruang Kutub, beruang kutub tinggal di daerah yang sangat dingin. Agar bertahan hidup, tubuhnya di bungkus dengan bulu-bulu tebal yang ada di tubuhnya, Bulu-bulu ini menghangatkan tubuhnya sehingga tidak mati kedinginan.
  • Singa makan daging, agar bertahan hidup, Singa butuh gigi yang sangat runcing untuk merobek daging yang akan singan makan, itu sebabnya gigi singa sangat runcing.
  • Unta, bertahan hidup dengan Kulit unta yang sangat tebal agar keringat tidak mudah keluar , Unta jarang kencing, Punuk unta terdiri dari lemak yang dapat diubah menjadi air saat di butuhkan. Walaupun 15 hari unta tidak minum ia tetap tahan. Tetapi, apabila unta di beri minum ia dapat minum 80 liter air hanya dalam 10 menit.
  • Kakatua memakan biji-bijian yang keras. Agar dapat bertahan hidup, paruh kakatua harus keras seperti tang, Paruh ini berguna untuk meghancurkan biji-bijian yang keras.
dan masih banyak contoh lainnya.

0 Response to "Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel