Soal & Jawaban Ujian Tengah Semester (UTS) Komputer Grafik

s3sederajat.comPada kesempatan kali ini gw akan membagikan soal dan jawaban pada mata kuliah komputer grafik yang mana dilaksanakan pada ujian tengah semester (UTS) atau ujian akhir semester (UAS).

apabila ujian peraturannya bisa membuka internet mungkin ini bisa jadi acuan buat yang lagi melaksanakan ujian, mungkin ini bisa jadi sama persis soal dan jawaban pada UTS/UAS mata kuliah komputer Grafik.

Soal
  1. Sebutkan 3 (tiga) Aplikasi penerapan 2D Komputer Grafik yang Anda ketahui!2. 
  2. Jelaskan Komponen Geometri yang ada pada Class Graphics2D !
  3. Jelaskan 4 (empat) operasi Boolean yang dikonstruksikan menggunakan class Area!
  4. Buatlah Kutipan Kode Java untuk menghasilkan grafik seperti di bawah ini (warna abu-abu.Ukuran dan posisi diatur masing-masing.
  5. Tuliskan Source code untuk konstruksi sebuah Elipse dengan panjang 80 dan lebar 200 pada titik poin (X, Y) dengan bahasa Java dan sertakan screenshootnya.
    X = 2 digit akhir NIM masing-masing
    Y = 2 digit tahun lahir masing-masing
Jawaban

1. Aplikasi penerapan 2D Komputer Grafik yang saya ketahui :
  • Bidang Hiburan Misalkan pada film,grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik. Sudah banyak film film yang menggabungkan berbagai teknik, salah satunya penerapan grafik komputer agar tercapai sebuah film dengan efek efek yang mengagumkan
  • Bidang Pendidikan Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya. Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan. tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang, ruang, grafik, gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.
  • Video Game Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris.
2. Komponen Geometri yang ada pada Class Graphics2D adalah :
  • Stroking Garis dan garis bentuk dapat ditarik sebagai garis padat atau putus-putus dari setiap lebar-proses disebut Stroking. Anda dapat mendefinisikan pola titik-titik dan menentukan bagaimana bentuk sudut dan garis ujung harus ditarik.
  • Text 2D API dapat menggunakan TrueType atau Type 1 font yang diinstal pada sistem Anda. Anda dapat membuat string, mengambil bentuk dari string individu atau huruf, dan memanipulasi teks dalam yang sama cara yang bentuk dimanipulasi. TrueType adalah font standar awalnya dikembangkan di Apple dan sekarang tersebar luas di MacOS dan Windows platform. Type 1 font didasarkan pada Bahasa PostScript Adobe.
  • Filling Bentuk bisa diisi menggunakan warna solid, pola, gradien warna, atau apa pun yang Anda bisa bayangkan.
  • Transformation Segala sesuatu yang digambar dalam 2D API dapat ditarik, squished, dan diputar. Hal ini berlaku untuk bentuk, teks, dan gambar. Anda memberitahu 2D transformasi apa yang Anda inginkan dan itu akan membuat segalanya.
  • Alpha Compositing Compositing adalah proses penambahan elemen baru ke gambar yang ada. 2D API memberi Anda fleksibilitas yang cukup dengan menggunakan aturan compositing Porter-Duff.a
  • Shapes Bentuk geometris dapat diwakili oleh kombinasi garis lurus dan kurva. 2D API juga menyediakan toolbox yang berguna dari bentuk standar, seperti persegi panjang, busur, dan elips.
  • Antialiasing Antialiasing adalah teknik yang mengurangi tepi bergerigi di gambar. 2D API mengurus rincian memproduksi gambar antialiased.
  • Color Sulit untuk menunjukkan warna dengan benar. 2D API termasuk kelas dan metode yang mendukung mewakili warna dalam cara-cara yang tidak bergantung pada perangkat keras tertentu atau melihat kondisi.
  • Clipping Kliping adalah proses membatasi luasnya operasi menggambar. Sebagai contoh, menggambar jendela biasanya dijepitkan batas jendela. Dalam API 2D, namun, Anda dapa menggunakan bentuk apapun untuk kliping.
3. 4 (empat) operasi Boolean yang dikonstruksikan menggunakan class Area:
  • Operator Logika ialah Operator Logika digunakan untuk membuat operasi logika.
  • Operator Aritmatika ialah Operator aritmatika digunakan untuk melakukan operasi aritmatika.
  • Operator Penugasan ialah Operator penugasan (Assignment Operator) fungsinya untuk meberikan tugas pada variabel tertentu. Biasanya untuk mengisi nilai.
  • Operator Pambanding ialah tugas oprator ini untuk membandingkan, operator ini juga dikenal dengan opeartor relasi. Nilai yang dihasilkan dari operator ini berupa boolean, yaitu: true dan false.
4. Kutipan Kode Java untuk menghasilkan grafik seperti di bawah ini (warna abu-abu. Ukuran dan posisi diatur masing-masing :
/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package s3sederajat;
import java.awt.BasicStroke;
import java.awt.Color;
import java .awt.font.*;
import java.awt.Dimension;
import java.awt.EventQueue;
import java.awt.Font;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
import java.awt.Shape;
import java.awt.geom.AffineTransform;
import java.awt.geom.Path2D;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JPanel;
import javax.swing.UIManager;
import javax.swing.UnsupportedLookAndFeelException;
/**
 *
 * @author s3sederajat
 */
public class S3sederajat {
   /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        new S3sederajat();
    }
    public S3sederajat() {
        EventQueue.invokeLater(new Runnable() {
            @Override
            public void run() {
                try {
                    UIManager.setLookAndFeel(UIManager.getSystemLookAndFeelClassName());
                } catch (ClassNotFoundException | InstantiationException | IllegalAccessException | UnsupportedLookAndFeelException ex) {
                    ex.printStackTrace();
                }
                JFrame frame = new JFrame("UTS KOMPUTER GRAFIK");
                frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
                frame.add(new TestPane());
                frame.pack();
                frame.setLocationRelativeTo(null);
                frame.setVisible(true);
            }
        });
    }
     public class TestPane extends JPanel {

        private Diamond diamond;

        public TestPane() {
            diamond = new Diamond(700, 300);
        }
        @Override
        public Dimension getPreferredSize() {
            return new Dimension(780, 580);
        }
        @Override
        protected void paintComponent(Graphics g) {
            super.paintComponent(g);
            Graphics2D g2d = (Graphics2D) g.create();
            int x = (getWidth() - diamond.getBounds().width) / 4;
            int y = (getHeight()- diamond.getBounds().height) / 4;
                        AffineTransform at = AffineTransform.getTranslateInstance(x, y);
            Shape shape = at.createTransformedShape(diamond);
            g2d.setStroke(new BasicStroke(3.0f));
            g2d.setColor(Color.GRAY);
            g2d.fill(shape);
            g2d.setColor(Color.BLUE);
            g2d.draw(shape);
            
            g2d.setColor(Color.YELLOW);
            Font font = new Font("tahoma", Font.BOLD, 20);
            g2d.setFont(font);
            g2d.drawString("UTS KOMPUTER GRAFIK S3SEDERAJAT", 170, 230);
            g2d.dispose();
        }

    }
      public class Diamond extends Path2D.Double {

        public Diamond(double width, double height) {
            moveTo(0, height / 2);
            lineTo(width / 2, 0);
            lineTo(width, height / 2);
            lineTo(width / 2, height);
            closePath();
        }

    }
       
}
Output:

Soal & Jawaban Ujian Tengah Semester (UTS) Komputer Grafik

5. Source code untuk konstruksi sebuah Elipse dengan panjang 80 dan lebar 200 pada titik poin (X, Y) dengan bahasa Java dan sertakan screenshootnya.
X=79
Y=96
/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package s3sederajat1;
/**
 *
 * @author lenovo
 */
import java .awt.*;
import java .awt.event.*;
import javax.swing.*;
import java .awt.font.*;
import java .awt.geom.*;
import java.awt.Color;

public class ellipse extends JApplet {
    public static  void main (String s[]){
        JFrame frame = new JFrame();
        frame.setTitle("UTS Mengambar Elipse");
        frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        JApplet applet = new ellipse();
        applet.init();
        frame.getContentPane().add(applet);
        frame.pack();
        frame.setVisible(true);}
    
    public void init(){
        JPanel panel = new Panel2D();
        getContentPane().add(panel);}
        }
class Panel2D extends JPanel{
        public Panel2D(){
            setPreferredSize(new Dimension(400,400));
            setBackground(Color.yellow);}
        public void paintComponent(Graphics g){
            super.paintComponent(g);
            Graphics2D g2 = (Graphics2D)g;
            
            g2.setColor(Color.black);
            g2.drawOval(79,96,80,200);
            g2.draw(new Ellipse2D.Double(79,96,80,200));
            
            g2.setColor(Color.BLACK);
            g2.drawString("s3sederajat", 15, 270);
            g2.drawString("04112021", 15, 284);
    }
}
Output


0 Response to "Soal & Jawaban Ujian Tengah Semester (UTS) Komputer Grafik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel