Politik Tidak Berpengaruh Apa-apa Sama Hidup Gue

Politik Tidak Berpengaruh Apa-apa Sama Hidup Gue
foto: twitter.com/edwardsuhadi

Politik Tidak Berpengaruh Apa-apa Sama Hidup Gue

Oleh: Edward Suhadi
(Pemerhati Politik,Marketing dan Fotografer)

Saya juga pengennya percaya kalimat di atas.

Tapi kita tahu, kalimat itu, tentunya, tidak benar.

Setiap orang dewasa pasti tahu politik tentu berpengaruh sama hidup kita. Mulai dari harga bensin, pajak, iklim usaha, regulasi tempat kerja, BPJS, dan seterusnya.

Tapi saya sering merasa bahwa, bener, politik itu nggak ada efeknya sama diri saya. “Siapapun presidennya sama aja” itu berlaku buat hidup saya.

Jadi gimana dong? Mana yang benar?

Suatu hari, di sebuah film Holywood tentang perbudakan (saya lupa film dan quote persisnya), saya menemukan kutipan ini:

“Kamu punya kemewahan untuk tidak bersuara, kami tidak.”

Plak. Tertampar saya.

Bener juga. Bensin mau naik gimana juga karena keputusan politik, seseorang seperti saya, tidak akan terpengaruh. Tidak nyaman sedikit, but life goes on.

Tapi buat hampir semua orang, sangat berpengaruh.

Teman2 boleh cek. Jika kamu beneran mengalami bahwa politik tidak mempengaruhi hidupmu, mungkin kamu dan saya ada di lingkaran kemapanan yang sama.

Efeknya buat saya setelah sadar, saya bukan serta-merta jadi aktivis sih :) Saya tetap jadi the lowly businessman 😘 bekerja mencari laba sebaik-baiknya dengan cost se-efisien mungkin.

Tapi paling nggak, saya jadi menghormati orang2 yang lantang, dan saya berhenti mengucapkan ‘politik mah ga ada efeknya sama hidup gue’. Dan kalau saya bisa, saya ikut sedikit2 bersuara.

Sebetulnya di balik kalimat ‘politik nggak ngaruh lah’ adalah: ‘Gue males baku hantam yang selalu satu paket sama politik, makanya gua bilang aja semua sama. Beres.'

Valid ga? Valid banget. Kita semua paling males berantem soal politik, belum lagi kalau sampe rusak hubungan.

Jadi?

Kalau saya boleh usul begini. Paling nggak, pemilu ini jangan cap cip cup sambil berpikir ‘siapa aja nggak ngaruh’. Usang.

Do your own research, do it well. Diskusi sama teman, keluarga, tongkrongan, timbang2 dengan baik, lalu nanti memilih dengan sungguh, dengan keyakinan:

“Siapa yang saya pilih, berpengaruh.”

Kalau kalimat di atas tidak berlaku buat kamu, paling nggak, memilihlah dengan sungguh-sungguh untuk mereka yang tidak punya kemewahan seperti kita.



Sumber:
X/edwardsuhadi➚

0 Response to "Politik Tidak Berpengaruh Apa-apa Sama Hidup Gue"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel